Arsip

Diberdayakan oleh Blogger

Label

Halaman

Selamat Datang di Website Resmi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Magetan

Entri yang Diunggulkan

Langsung ke konten utama

Gandeng Kodim 0804, Rutan Magetan Gelar Pelatihan Intelijen dan Deteksi Dini Gangguan Kamtib

MAGETAN – Dalam rangka upaya meningkatkan kewaspadaan dan meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban, pagi ini (23/02/2022) Rutan Kelas IIB Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim mengundang narasumber dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0804 Magetan, Kapten Inf Sarpan untuk memberikan Pelatihan Intelijen dan Deteksi Dini Gangguan Kamtib.

Kegiatan pelatihan yang digelar di aula Puntadewa tersebut diikuti oleh pejabat struktural dan pegawai khususnya Anggota Jaga pada regu pengamanan, karena regu pengamanan merupakan garda terdepan dalam mendeteksi gangguan keamanan dan ketertiban.

Kepala Rutan Eries Sugianto  yang membuka acara tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada Kapten Inf Sarpan karena telah menyempatkan waktu untuk bekerja sama dalam memberikan materi terkait Pelatihan Intelijen dan Deteksi Dini Gangguan Kamtib. Selain itu, Karutan juga mengatakan bahwa Petugas perlu untuk melatih diri dalam hal menganalisa atau melatih insting. “Karena hampir semua kejadian di lapas maupun Rutan itu berawal dari perilaku warga binaan yang tidak seperti biasanya”, ucapnya.

Sebagai narasumber utama, Kapten Inf Sarpan memaparkan berbagai materi, mulai dari permasalahan dan potensi kerawanan, hingga intelijen dan sistem deteksi dini. “Mengingat pentingnya deteksi dini dan pencegahan dini terhadap suatu permasalahan yang timbul, maka bapak-bapak Polsuspas juga perlu dibekali pengetahuan yang cukup, agar tugas-tugas di lapangan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan harapan dari pimpinan”, terangnya.

Lebih lanjut, Kapten Inf yang juga pernah bertugas di Papua, Timor Timur dan NAD tersebut juga berpesan kepada Petugas agar jangan pernah merasa masa bodoh terhadap lingkungan. “Dengan melakukan deteksi dini, kita dapat membaca adanya kemungkinan terjadi suatu ancaman sejak awal, artinya kita dapat melakukan upaya penanggulangan terhadap ancaman tersebut. Jadi jangan pernah sekali-sekali untuk masa bodoh terhadap lingkungan sekitar”, tegasnya.

Di akhir materi, Kapten Inf Sarpan menyimpulkan bahwa deteksi dini dan cegah dini dalam gangguan kamtib akan sukses dengan harmoni dalam keragaman. Kemudian sebagai penutup kegiatan Karutan juga turut menegaskan kepada jajarannya untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan. “Setelah mendapatkan materi seperti ini tolong jangan berhenti sampai disini, mari implementasikan dalam pekerjaan kita mulai dari pintu depan, menara sampai blok warga binaan”, tutup Karutan. (Humas Rutan Magetan)

Komentar

© 2020 Rutan Magetan

Blogger template by Open Themes.