Selasa, 29 Juni 2021

Rutan Magetan Gelar Skrining HIV, TBC, IMS dan Penyakit Tidak Menular bagi Warga Binaan

 

MAGETANSatu lagi upaya dilakukan oleh Rutan Magetan guna meningkatkan derajat kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Magetan, pagi ini (29/06/2021) Rutan Magetan menggelar kegiatan skrining atau deteksi dini penyakit HIV (human immunodeficiency virus), TBC (Tuberkulosis), IMS (Infeksi Menular Seksual) dan penyakit tidak menular (Hipertensi, Diabetes, Asam Urat dan Kolesterol) bagi seluruh WBP.

Skrining dilaksanakan di aula Rutan dan diikuti oleh seluruh Warga Binaan yang berjumlah 157 orang. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang P2PM (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular) Dinas Kesehatan Magetan, dr. Rohmad Hidayat. Beliau menekankan pentingnya kegiatan skrining kali ini. "Karena selain mendapatkan pelayanan mental, Warga Binaan juga perlu mendapatkan pelayanan fisik. Maka dari itu deteksi dini ini sangat penting bagi WBP”, ucapnya.



Seluruh Warga Binaan bergiliran sesuai blok masing-masing untuk memasuki Aula serta melakukan registrasi, WBP lantas mendapat pemeriksaan
antropometri (Berat Badan, Tinggi Badan dan lingkar perut), dilanjutkan dengan pelaksanaan wawancara faktor resiko serta pengukuran tekanan darah. Selanjutnya Warga Binaan diambil sampel darahnya dan sputum. Konseling dan pengobatan oleh Dokter Puskesmas Candirejo menjadi rangkaian akhir kegiatan deteksi dini/ skrining kali ini.

Sementara itu, usai pembukaan kegiatan skrining, Karutan Magetan, Eries Sugianto juga memberikan kesempatan kepada Kabid P2PM Dinkes Magetan dan Kepala Puskesmas Candirejo Magetan untuk berkeliling meninjau lingkungan Rutan. Diawali dengan dapur/restorasi kemudian menuju ke blok hunian.

Kabid P2PM Magetan dan Kepala Puskesmas Candirejo memberikan apresiasinya terkait pembangunan sarana prasarana yang telah dilakukan Rutan Magetan yang menjadikan lingkungan Rutan tampil lebih bersih dan representatif, karena hal tersebut juga berdampak pada peningkatan derajat kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan. (Humas Rutan Magetan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar