Selasa, 01 Juni 2021

Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Presiden Ajak Seluruh Masyarakat Bergerak Aktif Perkokoh Nilai-nilai Pancasila

 

MAGETAN – Terpusat dari Gedung Pancasila Jakarta, pagi ini (01/06/2021) telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 bersama Presiden Republik Indonesia yang disiarkan secara langsung atau live streaming.

Dengan mengenakan pakaian adat, Karutan bersama Pejabat Struktural dan Staff Rutan Magetan yang piket mengikuti live steaming pelaksanaan Upacara di aula Rutan serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan Pegawai yang libur atau melaksanakan tugas kedinasan dari rumah (WFH) mengikuti pelaksanaan Upacara dari rumah / tempat tinggalnya masing-masing.

Dalam amanatnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengingatkan bahwa peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan”, lanjutnya. Presiden menjelaskan tantangan yang dimaksud adalah kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal yang bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi.

Menghadapi tantangan tersebut, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0. “Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan”, tegasnya. Presiden mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju. (Humas Rutan Magetan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar