Selasa, 17 Agustus 2021

Kenakan Pakaian Adat, ASN Rutan Magetan Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

 

MAGETAN – Kondisi pandemi tak menyurutkan niat jajaran Rutan Magetan untuk tetap menyemarakkan peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan mengenakan pakaian adat daerah, pagi ini (17/08/2021) seluruh pegawai Rutan Magetan mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang disiarkan secara virtual dari Istana Merdeka.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara kali ini. Bersama Presiden, hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu, upacara juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Ibu Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Pnb Putu Sucahyadi.

Tembakan meriam sebanyak 17 kali tepat pukul 10.10 WIB menjadi penanda peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Setelahnya pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRI RI Puan Maharani dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Upacara dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Meski secara virtual, jajaran Rutan Magetan tetap mengikuti jalannya upacara dengan khidmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai ungkapan syukur, perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan dipanggil ke Aula untuk melaksanakan potong tumpeng bersama Petugas setelah upacara selesai. “Sebagai Warga Negara Indonesia, kita wajib mengisi peringatan hari kemerdekaan RI dengan hal-hal yang positif. Jalani hukuman dengan baik di sini, jangan sampai kesalahan terulang lagi”, pesan Karutan.

Sebagai penutup, Karutan mengajak seluruh petugas dan WBP yang hadir untuk bersama- sama berdoa agar Indonesia bisa segera pulih dari pandemi Virus Covid-19. (Humas Rutan Magetan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar