Senin, 20 Desember 2021

Kobarkan Semangat Bela Negara, Rutan Magetan Gelar Upacara Hari Bela Negara ke-73

 

MAGETAN - Peringatan Hari Bela Negara pada tahun 2021 kali ini mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mempunyai isyarat untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju.

Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 pada Senin pagi (20/12/2021). Kegiatan yang digelar di lapangan rutan tersebut semula direncanakan pukul 08.00 WIB namun sempat tertunda selama 30 menit karena hujan deras yang mengguyur kota Magetan dan sekitarnya. Namun kendala tersebut tak menyurutkan semangat Petugas Rutan Magetan dan seluruh Warga Binaan untuk tetap melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara.

Selaku Inspektur Upacara, Karutan Magetan Eries Sugianto menyampaikan amanat dari Presiden Republik Indonesia, bahwa bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku serta Tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen bangsa”, ucap Karutan.

Selanjutnya peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 ini menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa. “Mari kita terus menanamkan semangat bela negara dalam diri kita untuk memperkokoh persatuan NKRI. Mari kita tunjukan bahwa kita adalah bangsa yang kuat. Bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap Covid-19 serta tantangan bangsa lainnya, tetapi bangsa yang mampu memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan”, tutup Eries. (Humas Rutan Magetan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar