Rabu, 03 November 2021

Rutan Magetan Hadiri Rakor Pengawasan Itjen dalam Rangka Mengawal Kinerja Semakin BerAKHLAK

MAGETAN – Pada peringatan hari jadinya yang ke-55, pagi ini (03/11/2021) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan dalam Rangka Mengawal Kinerja Semakin BerAKHLAK. Dari Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim, Karutan didampingi Pejabat Struktural dan seluruh Staff mengikuti kegiatan yang dimaksud secara virtual.

Pembacaan sejarah Itjen oleh Sekretaris Itjen mengawali jalannya kegiatan, dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan oleh Inspektur Jenderal, Razilu. Dalam kesempatan tersebut, Razilu mengatakan telah melakukan tindak lanjut yang responsif, inovatif dan aplikatif atas instruksi dan arahan Menkumham dengan mengimplementasikan “Panca Komitmen” melalui “Panca Program” sebagai program unggulan Inspektorat Jenderal Tahun 2021.

Adapun “Panca Program” yang dimaksud meliputi Safari PMKS (Penguatan Mitra Kerja Strategis) yang telah diselenggarakan sebanyak 37 kali/ 86% dari target, Gemar Belajar (Gerakan Lima Hari Belajar) yang per Oktober 2021 telah mencapai 114 jam pelajaran, Sertifikasi API dan PAK (Ahli Pembangunan Integritas dan Penyuluh Anti Korupsi), Teetor Virtual (Auditee-auditor Virtual) yang telah diselenggarakan 14 kali, dan E-Mawas Kumham (Manajemen Pengawasan).

Sementara itu, Menkumham Yasonna H Laoly dalam sambutannya menakankan jika Inspektorat Jenderal memiliki peran yang penting dalam mengawal kinerja organisasi. “Pencegahan lebih baik dari pengobatan, saya meminta pada pimpinan satker agar memberikan akses seluas-luasnya pada itjen untuk memperlancar proses pengawasan”, tegasnya.

Lebih lanjut, Yasonna berharap agar Itjen semakin BerAKHLAK. “Saya meminta kepada seluruh jajaran untuk mengimplemetasikan nilai ini. Pastikan kompetensi dan integritas terjaga. Harus menjadi problem solving terhadap masalah yang dihadapi kedepannya, sehingga berdampak positif bagi Kementerian”, pesannya.

Memasuki agenda rapat, peserta rakor disuguhi materi terkait Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan narasumber yang berasal dari Kementerian Keuangan. (Humas Rutan Magetan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar