Selasa, 20 Juli 2021

Rutan Magetan Berqurban, Wujud Rasa Syukur dan Berbagi

 

MAGETAN - Ibadah qurban dilakukan umat Islam dengan penyembelihan hewan kurban pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Perintah berkurban langsung diperintahkan oleh Allah SWT dalam surah Al Kautsar ayat 2 yang berbunyi, Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah.” (Q.S. Al-Kautsar: 2).

Ibadah qurban selalu mengingatkan kita kepada kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Dengan melaksanakan berkurban, maka hikmah yang bisa kita ambil sebagai umat muslim adalah mengingat bagaimana luar biasanya ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail terhadap perintah SWT.           

Rutan Kelas IIB Magetan memperingati hari raya idul adha 1442 H pagi ini (20/07/2021) juga dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan rincian 1 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Adapun 1 ekor sapi tersebut berasal dari Petugas Rutan Magetan, lalu 2 ekor kambing masing-masing berasal dari Pengadilan Negeri Magetan, Polres Magetan dan Pemkab Magetan. Sisanya masing-masing berasal dari Kejaksaan Negeri Magetan, Yayasan Tahfidzul Quran, Sekretariat DPRD Kab. Magetan dan Rekanan pihak ke-3.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban rencananya dilakukan secara bertahap. 1 ekor sapi disembelih pada hari ini, sedangkan kambingnya akan di sembelih pada hari berikutnya. Sementara itu, untuk pembagian daging qurban sebagian akan langsung dimasak dan dibagikan kepada WBP. Sebagian lagi diberikan kepada keluarga WBP serta masyarakat sekitar yang kurang mampu dan bersedia mengambilnya langsung ke Rutan.

Melalui ibadah berkurban, umat muslim diperintahkan untuk bersedekah, saling menolong, memberi, dan mengasihi terhadap sesama. Dengan begitu, kehidupan manusia dapat berjalan dengan damai, rukun, dan sejahtera. (Humas Rutan Magetan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar